" />
52 Tahun IPB
Artikel/Posts
Tanya Jawab

Panduan Pendaftaran Beasiswa Unggulan Dalam Negeri 2012

Dalam upaya meningkatkan kompetensi akademis calon dosen dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi unggul, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi menyediakan pembiayaan pendidikan pascasarjana dalam bidang-bidang strategis di dalam maupun di luar negeri melalui Program Beasiswa Unggulan. Program beasiswa ini ditujukan bagi lulusan terbaik perguruan tinggi untuk berkarir sebagai calon dosen, dan juga bagi Tenaga Kependidikan yang berprestasi yang akan meningkatkan kualifikasi sesuai tugas dan fungsinya. Pada tahun 2012, Perguruan Tinggi Penyelenggara Beasiswa Unggulan Dalam Negeri sebanyak 15 Perguruan Tinggi termasuk IPB. Program ini sangat penting untuk mengembangkan sumberdaya manusia terutama untuk kaderisasi tenaga dosen baik di IPB maupun di luar IPB.

Pedoman Beasiswa Unggulan 2012 dapat di unduh disini, sebelum melakukan pendaftaran online, silakan membaca terlebih dahulu panduan tersebut, untuk mengurangi permasalahan dalam proses pendaftaran.


134 Responses to “Panduan Pendaftaran Beasiswa Unggulan Dalam Negeri 2012”

  • Ara says:

    Selamat siang,apakah masih bisa mendaftar program beasiswa unggulan,soalnya saya ingin ikut di universitas tadulako palu yang pendaftarannya sampai tgl 26 mei 2012.selain mendaftar secara online,berkas hardcoppy dikirim kemana?mohon petunjukknya.terimakasih

  • Dewi says:

    assalamu’alaikum

    Pak, saya minta tolong dikirimi juga contoh kesanggupan mengabdi ke dewi.ismiarti@yahoo.com

    Oh ya untuk kesanggupan mengabdi apa boleh disusulkan karena saya kira kesanggupan mengabdi sama dengan perjanjian penerima BU sehingga dulu tdk saya buat.

    Trimakasih.

  • sofrida says:

    Assalaamu’alaikum, saya mau tanya, untuk pendaftaran online PAsca Sarjana IPB apakah sampai tanggal 30 Juni 2012? kemudian kalau sekolah dengan biaya mandiri bagaimana cara mengisi formulir biaya jaminan pendidikan ? terima kasih…

  • yesi hendriani says:

    Assalammualaikum wr. wb pak darwisyah
    saya baru diwisuda S2 tanggal 16 Mei 2012 kemarin dan sampai saat ini saya belum memperoleh ijazah dan transkrip. yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah saya bisa melengkapi berkas di bulan juni untuk mendaftar program S3?
    2. apakah saya bisa mengajukan beasiswa kemendiknas melalui jalur mandiri? (berhubung saya bukan dosen)
    3. berapa nomor rekening IPB untuk menyetor pendaftaran 500ribu? kenapa tdk tercantum atw memang saya yg tdk menemukan?

    mohon bantuannya dan terimakasih banyak pak atas jawabannya.

  • eko says:

    Pak/bu, perihal pengumuman BU Dikti dalam negeri – IPB pascasarjana pengumumannya (administrasi) kapan ya? terakhir sy hubungi pihak IPB katanya ada pengunduran. Mohon penjelasan perihal ini. Berdasar panduan BU yg saya baca kan harusnya bulan juni minggu ketiga kan ada verifikasi& pendampingan pengajuan usulan, dll.

    Trm ksh

  • Ina Kustianah says:

    Apa pegawai di bawah naungan kementrian agama boleh ikut serta?
    Kemudian kpn paling lambat persyaratn dikirimka n? terima kasih

  • zulya says:

    assalamualaikum
    saya mau tanya penutupan beasiswa unggulan ini berbeda-beda yah tanggal tertutpnya setiap universitas? karena baru-baru ini saya diinfokan sama dosen dari UGM katanya masih bisa daftar BU sampai tanggal 21 Juni 2012..padahal dari BU sendiri sudah tutup pada tgl 10 mei 2012..jadi kira2 masih terbuka atau sudah tutup ..
    mhon penjelasannya terima kasih

  • Bintun jamilatun says:

    selamat siang Pak,
    saya Bintun, mohon informasinya, BU Kemendinas ini apakah boleh untuk mahasiswa fresh graduate yang belum punya instansi kerja?
    terimakasih

  • Anbar Luthfi says:

    boleh tidak saya tenaga struktural PNS dari LPMP Jawa Barat yang berangan-angan bisa alih profesi jadi dosen kopertis untuk ditugaaskan mengajar pariwisata di STIEPAR-YAPARI BANDUNG, mendapat basiswa ke S2

  • ana says:

    Mbak, sayamahasiswa pasca ugm bru semester 1 krena masuknya pada semster genap, mengingat d UGM ada pendftrn dua kali dlm setahun. Perkuliahan bru februari 2012 ini. masih bisa mendaftar beasiwa unggulan kah?

    kemudia, beasiswa on going dalam negeri kapan di bukanya ya?

  • Mahyarudin says:

    Assalamualaikum wr. Wb.saya mau tanya.. Kapan pengumuman penerima beasiswa unggulan..apakah pengumumannya akan di publish lewat web sps ipb? Terimakasih

  • yani says:

    sy telah mendaftar di ipb dn dinyatakan lolos seleksi akademik tahap 1 dn telah disurati oleh panitia sps ipb. yg sy mw tanyakan
    1. bgmna cara pembayaran via Bank Mandiri,. dlm surat terdapt bill key ?
    2. apakah dgn mmbayar ketentuan biaya admnstrasi tsb dn dgn melakukan verifikasi dokumen, qta sdah pasti diterima di sps-ipb dn mndapatkan Beasiswa unggulan?
    mohon informasi lebih lanjut,. krna sangat membantu sy dn teman2 yg lain. trima kasih.

  • Paduartama T. says:

    Saya mengucapkan terimakasih kepada IPB, sehingga saya memperoleh beasiswa (BU dikti) untuk melanjutkan studi ke program magister perikanan(prodi TPL).

  • fika says:

    Assalamualaikum
    begini pak,dikti kan sudah mengumumkan lolos BU,yang saya tanyakan tentang verifikasi daftar ulang untuk pembayaran poin 1-4, apakah tetap dibayar dulu atau cuma poin 2-4 saja,atau bagaimana? mohon arahannya

    • darwisyah says:

      Sdr. Fika

      Wa’alaikumsalam..

      silahkan akses website pasca.ipb.ac.id

      Biaya yang dibayarkan adalah Non SPP sesuai yang tertera pada website tersebut.

  • Ristika Oktavia Asriza says:

    dengan hormat,
    saya sekarang baru semester 1 di kimia ITB. apakah saya masih bisa mendaftar untuk mengajukan beasiswa unggulan mandiri tsb? kalau masih bisa syarat2nya yang harus saya penuhi apa saja?
    terima kasih

  • upik says:

    mbak mau nanya. saya sudah diterima s2 diUGM 2012. apakah jika sudah diterima masih bisa ikut serta BU 2012?TRIMAKASIH

  • nanda says:

    ass.wr,wb. pak sya ingin bertnya…? kapan ya? dibuka BU lagi….?

  • Mohammad Ramli says:

    Selamat pagi,,,
    saya sudah dinyatakan lolos beasiswa BU… Yang saya tanyakan, bagaimna kalau ada kendala selama studi S2 sehingga menyebabkan tidak bisa melanjutkan studi? apakah kita harus mengganti biaya yang udah dikelurkan dikti? berapa besarnya?

    Trims atas ajawabanya

    • darwisyah says:

      Itu semua ada pada perjanjian yang akan ditandatangani oleh penerima BU Dikti pada saat verifikasi. Baca juga panduan Beasiswa Unggulan

  • Helin hakh says:

    Saya ingin bertanya :
    1. Jika saya sdh diterima s2 di ptn di depok dan nantinya ingin mengabdi di salah satu ptn di indonesia apakah bisa mengajukan beasiswa unggulan untuk tahun depan? (ikut BU tahun 2013/2014 dengan status mahasiswa s2 on going)
    2.apa persyaratannya?
    Terimakasih

    • darwisyah says:

      Mungkin saudara bisa terus akses website beasiswa unggulan untuk pengumuman tersebut, karena yang menentukan itu adalah Dikti.
      Terimakasih

  • Rizki Damayanti says:

    Assalamualaikum,

    saya Rizki mahasiswa baru saya mau bertanya, bagaimanakah cara melihat kembali data-data yang telah kita daftar melalui pendaftaran online pasca sarjana IPB?
    no. pendaftaran saya : 12011794
    karena menurut ingatan saya, saya telah mendaftar di FMIPA jurusan KIMIA, setelah saya ingin memverifikasi, ternyata di sana terdaftar FAPERTA jurusan Mitigasi Bencana dan Kerusakan Lahan.

    dan jika memang benar hal tersebut apakah bisa pindah dari FAPERTA Ke FMIPA?

    Terima Kasih
    RIZKI DAMAYANTI

  • Rizki Damayanti says:

    assalamualaikum.
    mbak nama saya rizki,
    saya mau tanya bagaimana cara melihat kembali Formulir A online pasca sarjana yang telah di isi.
    karena jika tidak salah, pada pilihan mayor saya mengisi jurusan KIMIA (FMIPA) sedangkan yang telah lulus pada jurusan Mitigasi bencana dan kerusakan lahan (FAPERTA).

    bagian akademik mengatakan saya harus menunjukkan bukti tersebut.
    dimana saya bisa mendapatkannya mbak?
    karena setelah saya cek di http://pmbpasca.ipb.ac.id/ saya tidak menemukan LOGIN untuk masuk ke halaman web tersebut

    Terima Kasih..

  • rahmaita says:

    ass..
    maaf saya ingin tanya, saya sudah diterima di ipb dengan biaya mandiri, kalau semester depan saya ingin ikut beasiswa dikti on going, saya mendaftar kolektif di pasca ipb atau mandiri langsung ke dikti?
    terima kasih

    • darwisyah says:

      Sdr. Rahmaita

      Saya kurang tau apakah tahun depan BU bisa di ikuti oleh mahasiswa aktif atau tidak..
      Mungkin bisa dilihat di website dikti lebih jelasnya.

      Selain dikti, terdapat beasiswa lainnya misalnya beasiswa Bakrie, informasi bisa di dapat di Loket 3 Pascasarjana Lantai 1.

  • Rizal says:

    saya masiswa pasca smstr 1 itb, apa u/ BU bukan bpps ada program on going?trims

    • darwisyah says:

      Saudara Rizal..
      Untuk BPPS ada program ongoing(untuk mahasiswa aktif), namun untuk BU saya kurang tau. Mungkin bisa dilihat di website dikti lebih jelasnya.

  • nanang muhjijat says:

    Saya seorang tenaga Pengajar Madrasah Ibtidaiyah ingin dapat beasiswa S2 Gimana caranya y.?

  • Saya seorang tenaga Pengajar MI pengen dapat beasiswa S2 gimana caranya y.?

  • saya tenaga pengajar MI pengen beasiswa S2 gimana caranya Y..?

  • anggraeni says:

    salam ..
    maaf mau tanya, kalau saya mengirim persyaratan BU, tapi di akhir bulan September masih bisa diterima atau tidak? terima kasih

  • Devi says:

    assalamualaikum..
    saya mahasiswa s2 ugm baru masuk bulan sepetember 2012 ini, saya ingin ikut beasiswa unggulan ini apakah masih bisa??? saya sudah mendaftr tetapi blm mengativasikan karena ada syarat pengajuan proposal itu berisikan rencana judul tesis kita atau alasan kenapa mengikuti BU? terimakasih

  • Devi says:

    Asslm.wr.wb.

    Saat ini saya terdaftar sebagai mahasiswa SPs IPB semester 1 penerima BU dikti, perjanjian dengan dirjen dikti. Saya ingin menanyakan jika saya ingin mengundurkan diri dari beasiswa dan sebagai mhs SPs, karena saat ini ada suatu hal yang menjadi kendala dan sy tdk bs melanjutkan kuliah. Kira-kira bagaimana prosedurnya ya?

    Terimakasih

    • darwisyah says:

      Wa’alaikumsalam…
      Sdr. Devi
      Silahkan buat surat pengunduran diri sebagai mahasiswa dan penerima BU ditujukan kepada Dekan SPs IPB dan serahkan ke loket Akademik (loket 3) Lt.1 Gd. Andi Hakim Nasoetion.

  • gusti says:

    Assalamualaikum.wr.wb..

    maf mas saya mahasiswa IAIN Lampung lulusan 2012.
    Saya ingin mendaftar BU tapi tidak memiliki surat rekomendasi dari pimpinan PT apakah bisa???
    mohon penjelasannya??
    dan bagaimana tentang pengajuan proposal saat kita akan mendaftar online.
    Mohon jawabannya. Trims

    • darwisyah says:

      Wa’alaikumsalam.wr.wb…

      Sdr. Gusti, saya kurang tau mengenai itu. Tapi bagi yang sudah menjadi calon dosen atau tenaga kependidikan disuatu perguruan tinggi seharusnya bisa mendapatkan rekomendasi.
      Untuk BU 2013 sebaiknya ditunggu dulu panduan dari DIKTI dan tata cara pendaftarannya khawatir berubah.

  • M. Chandra says:

    Mohon tanya mas apa bedanya beasiswa unggulan dikti dengan beasiswa unggulan DIKTI?
    Masih buka gak sampai akhir november? karena tertera smapai 31 desember 2012.

  • abdul says:

    ass… mau bertanya beberapa poin masalah beasiswa unggulan dikti.
    1. untuk pembuatan surat rekomendasi dari dosen pembimbing apak dibuat sendiri?
    2. untuk surat perjanjiannya apakah kita harus mengirim ke puasat untut tanda tangan dari DIKTI?

  • Ben says:

    Mbak darwisyah…
    Saya ingin bertanya…
    1. untuk program pascasarjana di IPB mayor AGH yang genap itu bedanya dengan yang biasa apa mbak?…
    2. Saya ingin mendaftar di IPB, tapi ingin mencari beasiswa lain dulu, kira2 selain BU dikti adakah beasiswa lain yang dapat memberikan beasiswa yang hampir setara dengan dikti? atau bila saya mendaftar reguler, setelah semester 1 adalah beasiswa untuk bebas spp?
    3. Untuk program mayor genap s2 di ipb terakhir ditutup tgl 31 desember kan mbak? kira2 perkuliahannya dimulai kapan mbak?
    Sebelumnya terima kasih mbak…

  • laksa says:

    saya sudah d terima kuliah dan masuk semester 1 apakah masih bs mendaftar beaiswa s2 ini di tahun depan?

  • nurhaslita sari says:

    mohon informasi untuk mendaftar beasiswa unggulan tahun 2013 program pascasarjana di ipb kapan di buka pendaftaran ya, klo umurnya sudah melebihi 26 apakah masih bisa mendaftar beasiswa unggulan melalui ipb

    • darwisyah says:

      Sdr. Nurhaslita Sari

      Kami belum mendapatkan syarat terbaru untuk pendaftaran beasiswa unggulan tahun 2013 ini.

      Jadwal yang dapat kami sampaikan di Sekolah Pascasarjana IPB sebagai berikut:

      TAHAP I
      Jadwal Pendaftaran
      1 Februari-30 April 2013
      Tahap I terutama ditujukan bagi pelamar dengan rencana pembiayaan studi dari Beasiswa Pendidikan Pascasarjana yang berasal dari Dikti, yaitu:
      • Dosen (BPPs)
      • Calon Dosen (BU Dikti)
      • Tenaga Kependidikan (BU Dikti)
      TAHAP II
      Jadwal Pendaftaran
      1 Februari-30 Juni 2013
      Tahap II ditujukan bagi pelamar Non Beasiswa dari Dikti

  • NISA says:

    Pak mohon informasi untuk mendaftar beasiswa unggulan tahun 2013 program pascasarjana di IPB,
    saya ingin memilih prodi Master Of Science In Information Technology For Natural Resources Management (MIT) apakah itu termasuk dalam jurusan yang ditawarkan dalam beasiswa unggulan DIKTI 2013 untuk IPB?

    Karena dengar-dengar prodi tersebut termasuk dalam prodi kelas ekstensi.
    Mohon Bantuannya,
    Terimakasih Banyak.

  • Eza Kurniati Sawitri says:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Maaf pak, saya Eza. Saya lulusan SMA sederajat tahun 2011/2012, jadi saya sudah menganggur 1 tahun. Saya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, tapi apakah saya masih bisa mendapatkan beasiswa? lalu beasiswa seperti apa yang saya bisa dapatkan, pak? Apa persyaratan yang harus saya lakukan agar saya bisa mendapatkan beasiswa, pak?
    Kalau bisa, apakah saya bisa mendaptkan beasiswa di “Universitas Negeri Padang” jurusan bahsa inggris?
    mohon bimbingannya, terima kasih..

  • Eka says:

    maaf ingin bertanya apakah IPB menyelenggarakan Beasiswa unggulan untuk S1 dan apabila ada bagaimana caranya mohon bantuannya..,, terimakasih,,

Leave a Reply